Informasi Sewa Rumah Murah


Informasi Sewa Rumah Murah

Inilah 6 Tips Sederhana Menyewa Rumah Yang Benar

Tempat tinggal tidak bisa dipungkiri menduduki posisi yang sangat signifikan dalam kehidupan manusia. terlebih jika mengingat fungsinya sebagai kebutuhan primer yang sudah menjadi elemen wajib sejak beratus-ratus tahun yang lalu selepas jaman food gathering (dimana nenek moyang masih mengandalkan makanan dari alam dan hidup nomaden).

Inilah 6 Tips Sederhana Menyewa Rumah Yang Benar

Rumah yang digunakan sebagai lokasi untuk berlindung dari ancaman kian hari juga mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini bisa terbukti dari banyaknya model rumah baik yang ditujukan untuk kelas menengah hingga mereka yang high level. Semua kriteria disediakan. Sehingga setiap orang bisa menyewa rumah atau membangun hunian yang nyaman untuk ditinggali bersama keluarga.

Tak hanya sampai di situ saja, konsep yang ditawarkan untuk rumah masa kini juga sangat beragam. Anda bisa memutuskan untuk menempati hunian yang sesuai dengan selera Anda tanpa harus direpotkan dengan membangunnya terlebih dahulu. Sebab agen yang menyewakan rumah kini semakin banyak dan untungnya Anda bisa mengakses portal yang dimiliki oleh mereka melalui internet.

Namun, demi memastikan keadaan atau struktur bangunannya yang masih kokoh, melakukan survei langsung ke lokasi adalah cara terbaik yang bisa Anda tempuh. Tanyakan dengan detail apa yang masih mengganjal di benak Anda. Dengan begitu, keputusan Anda untuk pun tidak akan berujung malapetaka.

Nah, bagi Anda yang sedang mencari rumah sewaan, berikut beberapa tips sederhana yang patut Anda kenali dengan baik.

1. Lokasi

Kriteria yang pertama ini sangat berpengaruh bagi Anda. Mengapa? jika rumah yang Anda tinggali letaknya jauh dengan tempat Anda bekerja, itu artinya Anda harus menanggung konsekuensi berupa biaya transport yang banyak.

Padahal di sisi lain Anda harus menghemat. Anda tentu tidak ingin bukan menjadi penyewa selama-lamanya? Anda juga dituntut untuk bisa mengalokasikan dana dan masuk ke dalam rekening tabungan agar nantinya Anda dapat mendirikan rumah.

Terutama jika Anda menyewa rumah dan tidak punya kendaraan pribadi, jam keberangkatan transportasi umum yang tidak menentu bisa-bisa menjadi momok yang menakutkan bagi Anda.

Kedekatan dengan pusat kota juga wajib jadi bagian dari pemikiran. Rumah sakit, kantor capil, dan bank misalnya. Sewaktu Anda ingin menuju area tersebut, dan tidak perlu mengerahkan waku dan tenaga berlebih.

2. Fasilitas

Walaupun rumah yang Anda sewa bukan hunian yang mewah, tapi setidaknya Anda mempunyai bahan pertimbangan yang mutlak dilunasi. Sebut saja keberadaan kamar mandi, ruang tidur yang layak, dan ruang tamu. Saluran pembuangan dan listrik pun harus sudah terpasang.

Apabila saat Anda mendatangi rumah terjadi problema semacam ini, maka jangan sungkan untuk mengkomunikasikan dengan pemilik. Tujuannya agar Anda bisa menghuni kontrakan dengan tenang dan tidak perlu mengeluarkan biaya renovasi.

3. Security

Tips yang selanjutnya ini sangat bermanfaat sekali, khususnya bagi Anda yang hampir setiap tahun melaksanakan mudik untuk merayakan lebaran bersama keluarga. Pengamanan serta patroli yang ketat di daerah tempat Anda tinggal paling tidak bisa meminimalisir kriminalitas dan tindak kejahatan serupa.

Menyewa rumah berarti Anda akan menjadi penghuninya meski tidak seumur hidup namun usahakan jika kompleks tersebut dijaga oleh satpam.

Anak-anak Anda pun bisa dengan leluasa bermain lantaran diawasi oleh security. Jadi utamakan kenyamanan Anda sebagai persyaratan pertamanya.

4. Struktur tanah

Banyak orang yang belum paham mengenai seberapa pentingnya kekuatan lahan yang didirikan bangunan di atasnya. Selain berdampak pada kerugian material, nyawa Anda juga bisa menjadi taruhannya.

Jangan sekali-kali menyewa rumah yang berlokasi di pinggir sungai atau rawan banjir. Walau datangnya musiman, banjir tentu akan menyita waktu Anda. Apalagi jika barang-barang Anda hanyut. Anda pun harus membersihkan luapan airnya.

Sama halnya jika rumah tersebut tanahnya labil atau kerap beresiko longsor. Bukannya kerasan Anda justru akan terganggu.

5. Harga

Mindset orang diluar sana mungkin sudah terbentuk dengan sendirinya bahwa tarif yang dipasang efeknya bisa ditemukan pada sarana serta kondisi rumah yang berbeda. Meski hampir sebagian besar seperti itu, tapi nyatanya Anda masih bisa menyewa rumah dengan budget yang standar dan perlengkapannya masih bagus.

Akan lebih baik lagi jika Anda menyesuaikan dengan kantong. Jangan terlalu muluk-muluk, yang terpenting disini adalah Anda bisa beristirahat dengan nyaman bersama keluarga Anda tercinta.

6. Status kepemilikan

Pastikan sekali lagi bahwa rumah yang Anda pilih tidak berdiri di atas tanah sengketa atau milik pemerintah. Faktanya banyak sekali kontrakan yang menjamur dan belum legal. Minta pemilik untuk menunjukkan bukti hak milik pribadi sehingga Anda tidak akan dibuat susah dengan urusan ini itu.

Pahami juga kesepakatan antara Anda dengan pemilik. Setelah yakin dan mantap, Anda bisa menandatangani perjanjian dan simpanlah bukti pembayaran.

Itulah sejumlah tips menyewa rumah yang bisa Anda jadikan panduan. Semoga bermanfaat.


Comments are closed.